Bahaya Rokok

hai ! what's up....

Kali ini saya akan  membahasa dan berbicara sedikit mengenai rokok. Kita tentunya sudah tahu semua bahwa negara kita adalah negara pengkonsumsi rokok terbanyak di dunia. gak usah di dunia ketang udah terlalu jauh kalo di dunia. saya kasih cerita dikit tentang sebuah kampung yang terletak di kantong dunia yg sangat sudut dan jauh dari kota teptnya di dusun saya. Banyak anak-anak yang baru menginjak sd aja  sudah merokok. Sebenarnya kita perlu prihatin dengan akan hal itu... Mengapa kita perlu prihatin?? coba kita bayangkan berapa banyak kerugian yang akan diterima bangsa ini jika generasi penerus bangsa sudah tidak sehat lagi. intinya gini gmna bangsa ini mau membangun bangsa sedangkan generasi penerusnya uda pada rusak. seperti itu lah kasarnya. Terdapat banyak kerugian dari merokok itu, yakni



Pertama, tentunya kesehatan kita akan terganggu  karena di dalam rokok itu terkandung zat-zat berbahaya dan beracun yang pelan tapi pasti akan melemahkan kesehatan kita.... Makanya orang yahudi itu tidak ada budaya merokok di rumah bahkan jika penasaran dan ingin coba-coba merokok di rumah orang yahudi siap-siap aja diusir.
Menurut penglihatan kaca mata ucup yang saya pinjam ada tiga hal penting yang membahayakan tubuh kita karena saya mengalaminya.
         1. nafas jadi pendek,
             jadi yang biasanya lari 3km itu biasa skrng jadi ngos-ngosan

         2. gigi berubah dan ada noda kuning dan hitam.
             emnag bener ini sob skrng udah ada kuning-kuning dan hitam-hitma di gigi saya. skrng kalo ngaca .            wahhh ini item-item apan ya gangu senyumku yang manis ini aja...

         3. kanker paru-paru ngerusak hati jantung  janin apalagi coba?? masih banyak yg belum disebut            dan tidak bisa disebutkan satu-satu..

Kedua,KANKER KANTONG KERING dari segi ekonominya. Tapi kan pajak tertinggi dari rokok loh?? gmna coba?? iya memang betul pajak dari rokok itu sangat besar bahkan terliunan kan. Itu kan kalo dari negara menguntungkan dan tentunya juga buat yang punya perusahaan ya. Kita gak usah ngitung yang besar-besar lah kawan kita ini rakyat biasa bukan negarwan dan juga belum punya perusahan yang punya penghasilan triliunan pertahun jadi kita bulatkan saja ya... saya kasih contoh. Saya sendiri seorang perokok dan skrng lagi masa pemulihan untuk berhenti. nah coba kita hitung hasil dari saya merokok selama 5 bulan ini karena memang  mulai dari oktober saya jadi perokok aktif.
1 bulan itu 30 hari kita hitung ya
terus kalo 5 bulan jadinya 150  hari ya bener kan ??
nah biaya yang biasanya saya gunakan adalah Rp 15.000,00

nah skrng kita kalikan ya 150 hari X Rp 15.000,00 = Rp 2 250 000,00
ternyata saya sudah menghabiskan uang sebesar segitu selama 5 bulan coba  kalo kita yang sudah lebih 3 tahun merokok berpa duit yang sudah kita bakar?  nah itu baru dari saya sendiri dan belum lagi teman-teman perokok yang lain di seluruh pelosok indonesia. coba orang di indonesi lebih dari 250 juta jiwa dan kita hitung aja dari 250 juta itu menjadi 1/2 nya  aja coba..

dalam sehari berapa biaya rokok yang di habiskan
125 .000.000 orang kita kali harga rata-rata aja lah Rp 10.000 oke...
jadi ada berpa duit yang dibakar oleh orang indonesia??termasuk saya sbenernya...
tinggal kita tambah 125 juta itu dengan 4 nol dibelakang oke

1.250.000.000.000 jadi uang yang dibakar adlah 1.25 terliun satu hari

Astaghfirullah...
pantesan saja kita masih jalan di tempat sedangkan negara lain sudah maju dengan pesat....

Ketiga, perokok itu adalah orang yang kotor. wahh keras banget tuh kata-katanya orang kotor.? berarti yang situ orang kotor juga donk. iay sebelumnya sekrng lagi pembersihannya... oke kembali ke topik gimana gak bikin kotor saudara-saudara. Saya sedikit tahu kebiasan seorang perokok biasanya kalo lagi nunggu kerata nongkrong di pinggir jalan lalu puntungnya dibuang kemana aja . Lagi jalan-jalan misalnya ke Malioboro atau tempat nongkronglah sejenis dago atau punclut lah katakanlah. kan para perokok jarang sekali yang bawa asbak kan.. jadi kemana donk buangnya?? ya ke tempat sampah donks yang bener... jangan dijalan.. kalo gak ada ??heheheheee ya udah tinggal dimatiin puntung rokoknya dan masukin saku baju atau celan oke.. bereskan atau masukin tas... itu aja yang mau ngejaga kebersihan udah ngotorin baju sama celanya kan apa lagi yg sama sekali buang sampah semaunya??

tidak ada kata telat untuk berubah sob, kalo kita mau meskipun susah pasti bisa, tergantung keyakinan dan usaha kita semua. dan seandainya berat untuk ninggalin yang namanya rokok jangan merokok di rumah yang ada anak kecilnya sob usahakan mereka dan keluarga kita terlindung dari asap rokok tersebut. dan lebih baiknya lagi kita berhenti merokok bersama-sama. :D

Semoga bermanfaat buat kita semua dalam menuju perbaikan khususnya SMOKER kayak kita...
:D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NASEHAT SOPIR BUS KEPADA KERNET

Kumpulan Kata-Kata Motivasiku

Cinta dan Ingin Memiliki