Mengevaluasi Diri

Setelah survei pencarian jalur dan penetapan tempat camp untuk DIKLATSAR Gempar angkatan 12 seperti biasanya kami mengadakan evaluasi terhadap kegiatan. 

Setelah dibuka oleh DAON (Da OON) akhirnya evaluasi itu dimulai. Dimulai dari pernyataan diri sendiri terhadap diri sendiri. Semua mengungkapkan perasanya terhadap diri sendiri tanpa harus ada yang ditutupi. Semua bebas mengucapkan apa saja yang berkaitan dengan kelemahan masing-masing. 
Setelah itu masing-masing mengungkapkan pandangan dan unek-unek terhadap teman-temanya. Semua wajib memberikan kelemahan dan kelebihan teman-teman yang lain. Tidak ada ditutup-tutupi dan tidak ada yang merasa tidak enak terhadap teman yang lain. Semua wajib menerima dan menampung apa yang dikatakan teman-temanya yang lain.

Kemudian dilanjutkan dengan hal-hal teknis  yang berhubungan dengan kelancaran. Semua juga berhak dan menambahakan unek-uneknya tentang kegiatan yang telah dilakukan.Demi kelancaran acar selanjutnya dan akan dijadikan pedoman untuk kegiatan selanjutnya.

Mengevaluasi  diri adalah hal baik yang harus dilakukan setiap orang. Karena dengan mengevaluasi diri kita akan tahu kelemah-kelemahan dan kelebihan-kelebihan kita. Kita wajib menerima  semua keritikan dan saran kepada kita, selama hal itu untuk kebaikan. 

Jangan pernah  menutup diri dari hal diatas. Karena kita sebagai manusia itu adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Butuh orang lain untuk membantu dan seperti yang saya katakan di tulisan saya sebelumnya tentang bekerjasama dalam kebaikan. Ketika kita tidak menerima kritik dan saran yang membangun dari orang lain, maka hal itu bisa disebut juga dengan egois dan sombong.

Kumpulkan semua masukan dan saran yang positif dan membangun terhadap diri anda dan anda akan bisa mengenal siapa anda sebenarnya. Orang yang sering mengevaluasi diri saja sering terjatuh dalam bertindak apalagi yang tidak. Coba direnungkan. 

Evaluasi lah diri anda setiap saat. Jadikan Evaluasi itu sebagai petunjuk untuk bertindak dalam setiap langkah yang akan anda ambil selanjutnya. Evaluasi bisa dijadikan pembelajaran terhadap pembentukan karakter anda menuju lebih baik. Karena orang yang merugi itu adalah orang yang mengalami kemerosotan "jika hari ini lebih buruk dari hari kemaren" maka evaluasilah diri anda segera. Jika hidup anda sudah bisa lebih baik dari hari kemaren maka tingkatkan terus. Dan buat hai esok menjadi lebih baik dari sekarng.

#KeepPositiveThingking 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NASEHAT SOPIR BUS KEPADA KERNET

Kumpulan Kata-Kata Motivasiku

Cinta dan Ingin Memiliki