Keutamaan Mengaji

Assalamualaikum sahabat

Alhamdulillah karena karunaNya kita masih diberi nikmat iman dan islam sampai pada saat ini. Salawat serta salam kita lantunkan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW yang telah mennghantarkan kita ke islam hingga seperti sekarang. Allahumma Sali Allah Muhammad wa ali Muhammad.

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mengulas tentang keutamaan sesorang ketika mengaji Al-qur'an.
Banyak sekali keutamaan yang akan kita dapatkan ketika mengaji. Dapat Pahala Juga Dapat ketenangan Batin serta dapat teman juga untuk mengisi waktu kosong di kostnan misalnya sahabat.

Al-qu'ran dalam arti bahasa berarti bacaan atau menurut istilah merupakan kalam Allah yang diwahyukan kepada Rasul Allah Nabi Muhammad SAW sebagai Mu'jizat dengan perantara Malaikat Jibril secara mutawatir.



Ada lima kewajiban kita terhadap Al-Qur'a, yaitu:
  1. kewajiban membaca
  2. kewajiban memahami
  3. kewajiban mengamalkan
  4. kewajiban menghafalkan
  5. kewajiban mendakwahkan
Ketika kita membaca Al-Qur'an maka Satu hurufnya diganjar dengan 1 kebaikan dan dilipatkan menjadi 10 kebaikan.

عَنْ عَبْد اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ رضى الله عنه يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ ».

“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469)

 عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بن مسعود رضى الله عنه قَالَ : تَعَلَّمُوا هَذَا الْقُرْآنَ ، فَإِنَّكُمْ تُؤْجَرُونَ بِتِلاَوَتِهِ بِكُلِّ حَرْفٍ عَشْرَ حَسَنَاتٍ ، أَمَا إِنِّى لاَ أَقُولُ بِ الم وَلَكِنْ بِأَلِفٍ وَلاَمٍ وَمِيمٍ بِكُلِّ حَرْفٍ عَشْرُ حَسَنَاتٍ.

“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Pelajarilah Al Quran ini, karena sesungguhnya kalian diganjar dengan membacanya setiap hurufnya 10 kebaikan, aku tidak mengatakan itu untuk الم  , akan tetapi untuk untuk Alif, Laam, Miim, setiap hurufnya sepuluh kebaikan.” (Atsar riwayat Ad Darimy dan disebutkan di dalam kitab Silsilat Al Ahadits Ash Shahihah, no. 660).

Dari Kedua Hadits diatas kita akan mendapatkan 10 kebaikan ketika kita membaca satu huruf saja. Jadi Tunggu Apalagi, mari sebarkan hal ini pada saudara-saudara kita kaum muslimin di seluruh dunia. Jangan samapai yang kita ingat ketika dipanggil nanti hanya nyanyian dan musik-musik yang menyesatkan saja yang kita ingat.

Mari kita jadikan Al-qur'an nur Karim sebagai pegangan dan petunjuk untuk menjaalani kehidupan ini dengan baik. Jadikan Al-qur'an sebagai kompas di kehidupan kita agar nantinya kita tidak tersesat ketika berjalan melewati kehidupan yang fanah ini.

sesungguhnya ilmu diatas ilmu iya lah Al-Qur'an dan jika mau selamat Dunia dan Akhirat maka hendaklah kita mencari ilmunya dan Al-qur'an merupakan jawabanya.

Terima kasih,
Alhamdulillah
jika ada yang salah itu datangnya dari saya dan jika terdapat kebenaran tolong sampaikan kepada saudara-saudara seiman yang lain.

Wassalamualaikum

Sumber
http://muslim.or.id/akhlaq-dan-nasehat/keutamaan-membaca-al-quran.html



Komentar

Postingan populer dari blog ini

NASEHAT SOPIR BUS KEPADA KERNET

Kumpulan Kata-Kata Motivasiku

Cinta dan Ingin Memiliki